6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

Custom Post Signature

Bookmark

Bagaimana Memilih Tangga Lipat yang Tepat untuk Ruang Terbatas

Hai halo... Kali ini Bundamami akan cerita seputar peralatan pertukangan yang sangat berguna dalam kehidupan berumah tangga. Alat apakah itu? Let's check this out!

Sebagai perantau, suka duka bertahan hidup di rantau sudah pernah Bundamami rasakan selama 14 tahun usia pernikahan kami. Ternyata benar kata orang-orang, bahwa hidup di rantau itu harus mandiri.

Mandiri gimana maksudnya? Jika ada bagian rumah yang butuh perbaikan mendadak, ya dilakukan dalam keluarga kita sendiri dan diurus/dikerjakan sendiri. Untuk itu, kita harus memiliki beraneka skills dalam kehidupan serta aneka peralatan tukang yang memadai pula.

Quote tentang Anak Tangga
Quote tentang Pentingnya Tangga dalam Keseharian

Kemandirian dalam Rumah Tangga

Teringat di tahun 2010, Bundamami masih pengantin baru dan pindah rumah dari Jogja ke Bandung. Saat itu, kami hanya berdua, tidak punya banyak saudara di Kota Bandung, belum kenal tetangga mana pun, dan bahkan belum bisa berbahasa lokal setempat, yakni bahasa Sunda. Dapat dibayangkan seberapa besar effort kami untuk beradaptasi di lingkungan baru dengan perbedaan budaya dan bahasa ini.

Singkat cerita, kebetulan suami Bundamami, yaitu Ayahpapi, sering mendapat tugas dinas ke luar kota dari kantor. Jadi, makin komplit tantangan untuk Bundamami yang sering ditinggal sendirian di rumah.

Pernah suatu ketika Ayahpapi sedang dinas ke luar kota, sementara Bundamami sendirian di rumah dan mengalami kendala pintu kamar tiba-tiba kuncinya ngadat. Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari Youtube dan peralatan seadanya di kamar (yaitu screwdriver/obeng), Alhamdulillah Bundamami berhasil membongkar sistem penguncian di pintu kamar dan dapat terbebas dari kurungan kamar seharian.

Di lain waktu, saat Ayahpapi juga sedang bertugas ke luar kota, Bundamami pernah harus segera mengganti lampu kamar mandi yang tiba-tiba mati. Terbayang bagaimana ribetnya harus naik turun tangga, kan?!?

Tangga Lipat dan tangga alumunium untuk Ruang Terbatas
Cara Memilih Tangga Lipat untuk Rumah Minimalis

Lengkapi Alat Pertukangan

Nah, berkaca dari beberapa kejadian tersebut, maka Ayahpapi dan Bundamami pun sepakat untuk melengkapi peralatan pertukangan di rumah. Hal ini agar kami lebih mudah memperbaiki apa pun secara mandiri, terutama untuk Bundamami, ketika Ayahpapi sedang dinas ke luar kota.

Akhirnya kami memutuskan bahwa salah satu alat pertukangan yang harus segera kami beli, yaitu tangga lipat. Kenapa tangga lipat? Karena tangga lipat merupakan alat pertukangan yang sangat dibutuhkan dan luas penggunaannya.

Aneka Jenis Tangga Lipat

Sebelum memutuskan untuk membeli tangga, kami melakukan survei dulu terhadap beraneka bentuk dan model tangga sesuai fungsinya, yaitu:

1. Single Pole Ladders

Ini model tangga yang basic banget. Bentuk dan tingginya tetap (tidak bisa diubah-ubah), serta dimiliki oleh hampir semua rumah di Indonesia. Penggunaannya hanya ditempelkan di dinding. Modelnya yang simple alias sederhana membuatnya banyak diminati orang. Bahan pembuatnya pun cukup beragam, ada tangga besi, tangga aluminium, tangga kayu, bahkan tangga dari bambu.

2. Extension Ladders

Tangga model extension ini pada dasarnya mirip dengan single pole ladders tadi. Namun, ukuran tinggi/panjang pada extension ladders ini bisa diubah-ubah untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Tangga model extension ini kadang juga disebut sebagai tangga teleskopik.

3. Step Ladders

Merupakan tangga yang penggunaannya tidak perlu ditempelkan ke dinding. Namun, sudah mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Bentuknya ada yang menyerupai huruf A, dengan fleksibilitas di kedua kakinya yang dapat dinaik-turunkan.

Step ladders pada umumnya paling tinggi mencapai 6 meter, yang biasanya digunakan untuk mengakses rak buku paling tinggi di perpustakaan.

4. Platform Ladders

Merupakan tangga yang dapat stabil berdiri sendiri tanpa harus disandarkan pada dinding. Tangga jenis ini cenderung lebih aman karena pijakan teratas berbentuk platform yang lebih lebar dari anak tangga pada umumnya.

5. Dual Purposes Ladders 

Tangga multifungsi ini menggabungkan 2 model menjadi satu, yaitu model step ladders dan platform ladders

Tips memilih tangga portable dan tangga besi
Contoh Penggunaan Tangga Lipat dalam Keseharian

Tips Memilih Tangga Lipat

Dari sekian banyak model tangga di atas, Bundamami memutuskan untuk membeli tangga model extension step ladders. Apa saja yang menjadi pertimbangan Bundamami dalam memilih tangga lipat?

1. Material Kuat, tapi Ringan

Bundamami mencari tangga yang berbahan kuat dan kokoh. Harapannya akan lebih stabil ketika digunakan. Namun, juga ringan ketika tangga tersebut harus dibawa ke sana kemari saat dibutuhkan untuk proses perbaikan. Pada dasarnya kalau untuk perbaikan di rumah, tangga portable yang ringan lebih banyak disukai, dibanding tangga yang berat dan hanya permanen digunakan di satu tempat.

2. Ada Kunci Pengaman di Setiap Sudutnya

Salah satu faktor keamanan pada tangga lipat, yaitu adanya pengaman di setiap sudut. Hal ini untuk memastikan bahwa bagian dari tangga tersebut telah terlipat sempurna.

3. Variasi Bentuk

Nah, untuk variasi model ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah masing-masing. Jika sering digunakan di ruang sempit terbatas, maka pilihlah tangga lipat yang fleksibel.

4. Pijakan Kuat dan Aman

Pijakan anak tangga menjadi prioritas yang harus dipertimbangkan ketika memilih sebuah tangga. Pijakan kuat dan kokoh akan memberi rasa aman pada penggunanya, sehingga pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan lancar dan hati tenang.

5. Penyimpanan Mudah dan Ringkas

Salah satu keunggulan tangga lipat, yaitu penyimpanan yang mudah dan ringkas. Tangga aluminium lipat ini banyak diminati karena hanya membutuhkan ruang minimalis untuk penyimpanannya. Selain itu, tangga lipat membuat aktivitas perbaikan semakin efektif dan efisien, terutama ketika harus dibawa ke sana ke mari di dalam rumah dan ruangan yang luasnya terbatas.

Marketplace Kawan Lama

Nah, setelah mengetahui tips dan bagaimana cara memilih tangga lipat, tentunya Bundamami harus segera memutuskan akan membeli tangga di mana, kan?!? Di tengah geliat perekonomian digital, Bundamami punya rekomendasi marketplace tempat untuk berbelanja aneka kebutuhan terkait pertukangan. Kira-kira apa aplikasi marketplace-nya? Baca sampai selesai, ya.

Rekomendasi peralatan tukang terbaik di Marketplace Kawan Lama
Suasana di Outlet Kawan Lama
Rekomendasi marketplace ini bernama Kawan Lama. PT. Kawan Lama Solusi merupakan perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia, dengan kantor cabang yang tersebar di 19 kota, di seluruh Indonesia. PT. Kawan Lama Solusi menawarkan berbagai peralatan industri dan aneka mesin dalam jumlah serta jenis yang sangat beragam.

Marketplace Kawan Lama ini cocok banget jika dikunjungi oleh Emak-emak mager macam saya, yang semuanya ingin praktis dibeli secara online. Selain barangnya yang komplit, marketplace ini juga didukung oleh kecanggihan teknologi yang mumpuni, sehingga membuat barang dagangannya mudah ditemukan, baik dengan pencarian secara langsung, maupun melalui penggunaan filter pencarian.

Jadi, jika teman-teman membutuhkan info seputar aneka tangga lipat, tangga besi, maupun tangga jenis lainnya, maka marketplace Kawan Lama inilah solusinya. Yuk, segera eksplorasi di Marketplace Kawan Lama.


11 comments

11 comments

Silakan tinggalkan jejak melalui komentar di sini yaaa.
Terima kasih sudah mampir di Bundamami Story.
  • Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
    Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
    July 28, 2024 1:46 PM
    strong mom nih bun, tapi emang kudu gitu ya, habisnya mau ngarep dibantuin malah jadi nggek beres2.
    Reply
  • Lifestyle Blogger
    Lifestyle Blogger
    July 25, 2024 7:37 PM
    Pas banget Mom di rumah lagi butuh tangga dan rumahnya juga ga begitu besar, ceiling di rumah juga ga begitu tinggi karena dibuat dua lantai, bisa jadi referensi. Kawan lama lengkap banget ya ternyata
    Reply
  • Monica Rasmona
    Monica Rasmona
    July 24, 2024 10:48 AM
    Kalau tangga, sih, sudah termasuk peralatan rumah tangga yang wajib kita punya karena kita pasti membutuhkannya. Minimal untuk mengganti lampu dengan yang baru. Karena butuhnya dalam jangka waktu yang panjang, jadi sebaiknya pilih tangga dengan kualitas yang bagus.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    July 24, 2024 8:50 AM
    tangga ini termasuk barang yang penting juga ya dimiliki di rumah karena pastinya ada kegiatan yang membuat kita harus memanjat. di rumaha ada sih tangga bikinan suami tapi kayaknya lebih praktis kalau ada tangga lipat yaa
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    July 24, 2024 8:42 AM
    Kemarin liat rumah barunya Sarwendah juga ada tangga lipat yang cantiik banget.
    Bahkan tangga pun bisa se-estetik itu dan menjadi asesoris yang membantu tapi juga gak bikin jelek estetika dari sebuah ruangan.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    July 24, 2024 1:18 AM
    Ternyata tangga aja ada banyak jenisnha ya, aku kira namanya tetap sama meski. Bentuknya beda. Info yang menarik ini
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    July 23, 2024 10:21 PM
    Aku punya yang model platform. Ternyta ada manfaatnya juga punya tangga di rumah walaupun jarang dipakai
    Reply
  • Reyne Raea
    Reyne Raea
    July 23, 2024 8:04 PM
    Semakin penasaran deh sama marketplace kawanlama, banyak banget nih yang review menyenangkan. membantu banget buat yang butuh peralatan macam tangga lipat gini, tapi mager keluar.
    Tinggal klik kawanlama, dan tangga yang dibutuhkan bisa langsung dibeli
    Reply
  • hani
    hani
    July 23, 2024 10:22 AM
    Punya tangga lipat, tapi yg simple aja. Cukup ringan bisa dibawa sendiri. Suami pernah beli tangga lipat yg canggih, malah engga pernah dipakai. Berat juga...
    Trims artikelnya, jadi ada gambaran, harus belu tangga lipat kayak apa...
    Reply
  • Han
    Han
    July 23, 2024 8:26 AM
    Wah asli beneran kayak toko serba ada gitu ngga sih? hahaha.. bener2 lengkap yaa. bisa jadi rekomendasi nih kalo lagi butuh perkakas hahaa
    Reply
  • Helka Sari
    Helka Sari
    July 22, 2024 9:01 PM
    Tangganya minimalis, cocok untuk di rumah. Setuju banget sama Bundamami kalau wajib sedia alat pertukangan di rumah untuk mengatasi masalah rumah yang nggak terduga..
    Reply